Smart & Religious
Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Minggu, 07 September 2014

IN HOUSE TRAINNING KURIKULUM 2013


Alhamdulillah....
Sebagai implementasi peningkatan standar pendidik dan tenaga kependidikan di Ponpes Terpadu SMP Al Fusha Kedungwuni berkenaan dengan pemberlakuan kurikulum 2013 di tingkat VII dan VIII, SMP Al Fusha Kedungwuni telah menyelenggarakan kegiatan In House Trainning (IHT) atau Pelatihan Kurikulum 2013. Langkah ini ditempuh sebagai salah satu upaya untuk menyatukan persepsi berkaitan dengan kegiatan pembelajaran yang harus dilaksanakan oleh pendidik dengan mengacu pada kurikulum 2013. 

Pemateri yang dihadirkan adalah Pengawas Bina dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan, Drs. H. Subkhan, M. Pd. dan Hj. Hartati, M. Pd. Dalam pemaparannya, beliau berdua berkolaborasi dan saling mengisi satu sama lain untuk memberikan pemahaman yang utuh bagi guru SMP Al Fusha Kedungwuni.

Dimulai sekitar pukul 08.20 WIB. Acara pelatihan kurikulum dimoderatori langsung oleh Bapak Bambang Alisanto, Kepala SMP Al Fusha Kedungwuni. Diawali dengan pembacaan ummul kitab, beliau berpesan kepada dewan guru peserta pelatihan agar benar-benar memahami materi yang akan disampaikan dan jangan enggan bertanya apabila ada yang belum dipahami sehingga setelah pelatihan ini diharapkan Bapak/Ibu Guru siap tempur dan tidak canggung lagi untuk menerapkan pembelajaran sesuai amanat kurikulum 2013.
Secara bergiliran, kedua pemateri menyampaikan materi pelatihan. Dimulai dari pemaparan inti perubahan dari kurikulum 2006 (KTSP) menjadi kurikulum 2013 sampai dengan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Di sela acara pelatihan, dewan guru banin melaksanakan sholat jum'at bersama di Masjid Jami' Rowocacing, dilanjutkan dengan jamuan makan siang untuk kemudian memulai acara session II. Selain penyampaian materi, juga ada tanya jawab dan praktik mengajar. Tentunya praktik mengajar dengan pendekatan pembelajaran saintifik. Acara pun selesai pada pukul 15.30 WIB. Diakhiri dengan beberapa patah kata penutup oleh moderator dan kemudian doa dipimpin oleh salah satu guru mapel PAI, Ust. Syahruddin Abdullah.
Semoga dengan kegiatan ini, Bapak/Ibu Guru lebih siap untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 dan terus meningkatkan kualitas santri-santri di Pondok Pesantren terpadu Al Fusha Kedungwuni.


 

1 komentar:

Admin IT Al Fusha mengatakan...

Sukses untuk Al Fusha dengan kurikulum 2013