“Ustadz Hasan adalah orang pertama yang
membuka kembali hubungan antara Yaman dan Indonesia setelah terputus
puluhan tahun lamanya dan beliau yang mulai mengirimkan santrinya untuk
belajar di Yaman sehingga semua pahala orang yang belajar keYaman akan
kembali pahalanya kepada Al-Alim Al-Allamah Adda’i Ilallah Al-Ustadz
Hasan Baharun.” Demikian penuturan Habib Umar Bin hafidz di depan para
santri dan ulama dalam ziarohnya di Pondok Raci 2 tahun setelah wafatnya
Habib Hasan Baharun.
Al
Habib Hasan Baharun lahir di Sumenep pada tanggal 11 Juni 1934 dan
merupakan putra pertama dari empat bersaudara dari Al Habib Ahmad bin
Husein dengan Fathmah binti Ahmad Bachabazy. Adapun silsilah dzahabiyah
yang mulia dari beliau adalah Al Habib Hasan Bin Ahmad bin Husein bin
Thohir bin Umar Bin Baharun. Sejak kecil kedisiplinan dan kesederhanaan
telah ditanamkan oleh kedua orang tua beliau sehingga mengantarkannya
tumbuh menjadi sosok pribadi yang mempunyai akhlaq dan sifat yang
terpuji.
Sejarah Pendidikan Ust. Hasan Baharun
Pendidikan agama selain diperoleh dari bimbingan
kedua orang tuanya ia dapatkan dari Madrasah Makarimul Akhlaq Sumenep
dan dari kakeknya yang dikenal sebagai ulama besar dan disegani di
Kabupaten Sumenep yaitu Ustadz Achmad bin Muhammad Bachabazy.
Setelah kakeknya meninggal dunia beliau menimba ilmu agama dari paman-pamannya sendiri yaitu Ust. Usman bin Ahmad Bachabazy dan Ust. Umar bin Ahmad Bachabazy. Semangat belajar Ust. Hasan Baharun sejak kecil memang dikenal rajin dan ulet, bahkan apabila bulan Ramadhan tiba beliau belajar semalam suntuk, mulai sehabis tadarrus sampai menjelang shubuh. Beliau belajar dan mendalami ilmu-ilmu agama khususnya ilmu fiqih serta menjadi murid kesayangan Al-Faqih Al-Habib Umar Ba’aqil Surabaya.
Disamping pendidikan agama beliau juga menuntut pendidikan ilmu umum
mulai dari Sekolah Rakyat (SR / setingkat SD), Pendidikan Guru Agama
(PGA) 6 tahun dan hanya sampai di kelas 4 karena pindah dan melanjutkan
ke SMEA di Surabaya.Setelah kakeknya meninggal dunia beliau menimba ilmu agama dari paman-pamannya sendiri yaitu Ust. Usman bin Ahmad Bachabazy dan Ust. Umar bin Ahmad Bachabazy. Semangat belajar Ust. Hasan Baharun sejak kecil memang dikenal rajin dan ulet, bahkan apabila bulan Ramadhan tiba beliau belajar semalam suntuk, mulai sehabis tadarrus sampai menjelang shubuh. Beliau belajar dan mendalami ilmu-ilmu agama khususnya ilmu fiqih serta menjadi murid kesayangan Al-Faqih Al-Habib Umar Ba’aqil Surabaya.
Masa Remaja dan Pengalaman Organisasi Ust. Hasan Baharun
Semasa remaja beliau senang berorganisasi baik Remaja
Masjid ataupun organisasi lainnya seperti Persatuan Pelajar Islam (PII)
bahkan beliau pernah diutus untuk mengikuti Muktamar I PII se-Indonesia
yang diselenggarakan di Semarang. Dan pernah menjabat Ketua Pandu Fatah
Al Islam di Sumenep. beliau aktif pula di partai politik yaitu Partai
NU (Nahdlatul Ulama) dan menjadi jurkam yang dikenal berani dan tegas
menyampaikan kebenaran. Dan di Pasuruan menjabat sebagai Ketua Majlis
Ulama Indonesia ( MUI ) sampai akhir hayat beliau.
Perjalanan dan Konsep Dakwah Ust. Hasan Baharun
Setelah menamatkan sekolah beliau sering mengikuti
ayahnya ke Masalembu untuk berda’wah sambil membawa barang dagangan.
Keluarga Ustadz Hasan pada saat itu dikenal ramah dan ringan tangan,
apabila ada orang yang tidak mampu membayar hutangnya disuruh membayar
semampunya bahkan dibebaskan. Sifat-sifat inilah yang diwarisi beliau
yang dikenal apabila berdagang tidak pernah membawa untung karena
senantiasa membebaskan orang-orang yang tidak mampu membayarnya.
Dan pada waktu berkeliling menjajakan dagangan beliau dikenal suka membantu menyelesaikan permasalahan dan konflik yang terjadi dimasyarakat serta senantiasa berusaha mendamaikan orang dan tokoh-tokoh masyarakat yang bermusuhan.
Pada tahun 1966 beliau merantau ke Pontianak berda’wah keluar masuk dari satu desa ke desa yang lainnya dan melewati hutan belantara yang penuh lumpur dan rawa-rawa namun dengan penuh kesabaran dan ketabahan semua itu tidak dianggapnya sebagai rintangan . Dengan penuh kearifan dan bijaksana dikenalkannya dakwah Islam kepada orang-orang yang masih awam terhadap Islam. Dan alhamdulillah dakwah yang beliau lakukan mendapat sambutan yang cukup baik dari masyarakat ataupun tokoh-tokoh lainnya. Di setiap daerah yang beliau masuki untuk berdakwah beliau senantiasa bersilaturahmi terlebih dajhulu kepada tokoh masyarakat dan ulama/kyai setepat untuk memberitahu sekaligus minta izin untuk berdakwah di daerah tersebut sehingga dengan budi pekerti, akhlaq dan sifat-sifat yang terpuji itulah masyarakat beserta tokohnya banyak yang simpati dan mendukung terhadap dakwah yang beliau lakukan.
Pada waktu melakukan dakwah beliau senantiasa membawa seperangkat peralatan pengeras suara (Loadspeaker/Sound System) yang pada saat itu memang masih langka di Pontianak sehingga dengan hal itu tidak merepotkan yang punya hajat/mengundangnya untuk mencari sewaan pengeras suara. Dan tak lupa pula beliau membawa satir/tabir untuk menghindari terjadinya ikhtilat (percampuran) antara laki-laki dan perempuan dan perbuatan maksiat/dosa lainnya yang akan menghalang-halangi masuknya hidayah Allah SWT., sedangklan pahala dakwah yang beliau lakukan belum tentu diterima Allah SWT.
Berdagang yang beliau lakukan adalah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan dijadikan sarana pendekatan untuk berdakwah kepada masyarakat. Kedermawanan dan belas kasihnya kepada orang yang tidak mampu menyebabkan dagangannya tidak pernah berkembang karena keuntungannya diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu serta membebaskan orang yang tidak mampu membayarnya. Selain itu pula beliau mempunyai keahlian memotret dan cuci cetak film yang beliau gunakan pula sebagai daya tarik dan mengumpulkan massa untuk didakwahi, karena pengambilan hasil potretan yang beliau lakukan sudah ditentukan waktunya, sehingga aabila mereka sudah berkumpul sambil menunggu cuci cetak selesai waktu menunggu tersebut diisi dengan ceramah dan tanya jawab masalah agama.
Selain berdakwah beliau aktif pula di partai politik yaitu Partai NU (Nahdlatul Ulama) dan menjadi jurkam yang dikenal berani dan tegas di dalam menyampaikan kebenaran sehingga pada saat itu sempat diperiksa dan ditahan. Namun pada saat itu masyarakat akan melakukan demonstrasi besar-besaran apabila beliau tidak segera dikeluarkan dan atas bantuan pamannya sendiri yang saat itu aktif di Golkar membebaskan beliau dari tahanan. Dan tak lama setelah kejadian tersebut, sekitar tahun 1970 atas permintaan dan perintah dari ibundanya, beliau pulang ke Madura dan disuruh untuk berdakwah di Madura atau di Pulau Jawa saja. Namun karena kegigihan beliau selama 2 tahun masih tetap aktif datang ke Pontianak untuk berdakwah walaupun telah menetap di Jawa Timur.
Pada tahun 1972 beliau mengajar di Pondok Pesantren Gondanglegi Malang mengembangkan Bahasa Arab, sehingga pondok Gondanglegi pada saat itu terkenal maju dalam bidang Bahasa Arabnya.
Dan pada waktu berkeliling menjajakan dagangan beliau dikenal suka membantu menyelesaikan permasalahan dan konflik yang terjadi dimasyarakat serta senantiasa berusaha mendamaikan orang dan tokoh-tokoh masyarakat yang bermusuhan.
Pada tahun 1966 beliau merantau ke Pontianak berda’wah keluar masuk dari satu desa ke desa yang lainnya dan melewati hutan belantara yang penuh lumpur dan rawa-rawa namun dengan penuh kesabaran dan ketabahan semua itu tidak dianggapnya sebagai rintangan . Dengan penuh kearifan dan bijaksana dikenalkannya dakwah Islam kepada orang-orang yang masih awam terhadap Islam. Dan alhamdulillah dakwah yang beliau lakukan mendapat sambutan yang cukup baik dari masyarakat ataupun tokoh-tokoh lainnya. Di setiap daerah yang beliau masuki untuk berdakwah beliau senantiasa bersilaturahmi terlebih dajhulu kepada tokoh masyarakat dan ulama/kyai setepat untuk memberitahu sekaligus minta izin untuk berdakwah di daerah tersebut sehingga dengan budi pekerti, akhlaq dan sifat-sifat yang terpuji itulah masyarakat beserta tokohnya banyak yang simpati dan mendukung terhadap dakwah yang beliau lakukan.
Pada waktu melakukan dakwah beliau senantiasa membawa seperangkat peralatan pengeras suara (Loadspeaker/Sound System) yang pada saat itu memang masih langka di Pontianak sehingga dengan hal itu tidak merepotkan yang punya hajat/mengundangnya untuk mencari sewaan pengeras suara. Dan tak lupa pula beliau membawa satir/tabir untuk menghindari terjadinya ikhtilat (percampuran) antara laki-laki dan perempuan dan perbuatan maksiat/dosa lainnya yang akan menghalang-halangi masuknya hidayah Allah SWT., sedangklan pahala dakwah yang beliau lakukan belum tentu diterima Allah SWT.
Berdagang yang beliau lakukan adalah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan dijadikan sarana pendekatan untuk berdakwah kepada masyarakat. Kedermawanan dan belas kasihnya kepada orang yang tidak mampu menyebabkan dagangannya tidak pernah berkembang karena keuntungannya diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu serta membebaskan orang yang tidak mampu membayarnya. Selain itu pula beliau mempunyai keahlian memotret dan cuci cetak film yang beliau gunakan pula sebagai daya tarik dan mengumpulkan massa untuk didakwahi, karena pengambilan hasil potretan yang beliau lakukan sudah ditentukan waktunya, sehingga aabila mereka sudah berkumpul sambil menunggu cuci cetak selesai waktu menunggu tersebut diisi dengan ceramah dan tanya jawab masalah agama.
Selain berdakwah beliau aktif pula di partai politik yaitu Partai NU (Nahdlatul Ulama) dan menjadi jurkam yang dikenal berani dan tegas di dalam menyampaikan kebenaran sehingga pada saat itu sempat diperiksa dan ditahan. Namun pada saat itu masyarakat akan melakukan demonstrasi besar-besaran apabila beliau tidak segera dikeluarkan dan atas bantuan pamannya sendiri yang saat itu aktif di Golkar membebaskan beliau dari tahanan. Dan tak lama setelah kejadian tersebut, sekitar tahun 1970 atas permintaan dan perintah dari ibundanya, beliau pulang ke Madura dan disuruh untuk berdakwah di Madura atau di Pulau Jawa saja. Namun karena kegigihan beliau selama 2 tahun masih tetap aktif datang ke Pontianak untuk berdakwah walaupun telah menetap di Jawa Timur.
Pada tahun 1972 beliau mengajar di Pondok Pesantren Gondanglegi Malang mengembangkan Bahasa Arab, sehingga pondok Gondanglegi pada saat itu terkenal maju dalam bidang Bahasa Arabnya.
Sejarah Pendirian Pondok dan Perkembangannya
Ma’had
ini didirikan pada tahun 1981 di Bangil dengan menempati sebuah rumah
kontrakan. Dengan penuh ketelatenan dan kesabaran Ust. Hasan Baharunn
mengasuh dan mendidik para santrinya, sehingga mendapat kepercayaan dari
masyarakat dan dalam waktu yang relative singkat jumlah santri
berkembang dengan pesat.
Selain membina santri putra, pada tahun 1983 pondok ini menerima santri putri yang berjumlah 16 orang yang bertempat di daerah yang sama. Dan pada tahun 1984 lokal pemondokan santri menempati sampai sebanyak 13 rumah kontrakan.
Atas petunjuk Musyrif Ma’had Darullughah Wadda’wah Abuya Sy. Muhammad Alwi Al-Maliki Al-Hasani, pada tahun 1985 Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah dipindah ke Desa Raci.
Kesuksesan Ust. Hasan Baharun dalam berdakwah dan membangun Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah tidak lepas dari peran besar dari seorang wanita sholihah yang sudah terdidik dan terlatih kesabaran, kegigihan serta ketegarannya dalam menghadapi kehidupan oleh ayahandanya Al-Habib Muhammad Al-Hinduan, beliau adalah Syarifah Khodijah binti Muhammad Al-Hinduan, istri tercinta yang senantiasa dengan penuh ketabahan dan kesabaran mendampingi pahit getirnya perjuangan serta senantiasa memberikan semangat bagi sang suami. Bahkan jiwa besar dan perjuangannya ditunjukkan oleh ustadzah ketika Ust. Hasan membutuhkan dana untuk pondok maka ustadzah dengan senang hati menjual seluruh barang-barang berharga dan semua perhiasan yang dimilikinya bahkan yang mengandung kenangan dan sejarah dijualnya pula.
Pada tanggal 23 Mei 1999 M bertepatan tanggal 8 Shafar 1420 H beliau berpulang ke rahmatullah, kemudianestafet kepemimpinan dilanjutkan oleh putra beliau Al Ustadz Ali Zainal Abidin bin Hasan Baharun.
Pada tahun 2006 dibuka Pondok Pesantren II Darullughah Wadda’wah yang berlokasi di Desa Pandean Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan yang sekarang ditempati 334 santri putra untuk tingkat i’dadiyah dan kelas I dan II ibtida’iyah.
Selain membina santri putra, pada tahun 1983 pondok ini menerima santri putri yang berjumlah 16 orang yang bertempat di daerah yang sama. Dan pada tahun 1984 lokal pemondokan santri menempati sampai sebanyak 13 rumah kontrakan.
Atas petunjuk Musyrif Ma’had Darullughah Wadda’wah Abuya Sy. Muhammad Alwi Al-Maliki Al-Hasani, pada tahun 1985 Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah dipindah ke Desa Raci.
Kesuksesan Ust. Hasan Baharun dalam berdakwah dan membangun Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah tidak lepas dari peran besar dari seorang wanita sholihah yang sudah terdidik dan terlatih kesabaran, kegigihan serta ketegarannya dalam menghadapi kehidupan oleh ayahandanya Al-Habib Muhammad Al-Hinduan, beliau adalah Syarifah Khodijah binti Muhammad Al-Hinduan, istri tercinta yang senantiasa dengan penuh ketabahan dan kesabaran mendampingi pahit getirnya perjuangan serta senantiasa memberikan semangat bagi sang suami. Bahkan jiwa besar dan perjuangannya ditunjukkan oleh ustadzah ketika Ust. Hasan membutuhkan dana untuk pondok maka ustadzah dengan senang hati menjual seluruh barang-barang berharga dan semua perhiasan yang dimilikinya bahkan yang mengandung kenangan dan sejarah dijualnya pula.
Pada tanggal 23 Mei 1999 M bertepatan tanggal 8 Shafar 1420 H beliau berpulang ke rahmatullah, kemudianestafet kepemimpinan dilanjutkan oleh putra beliau Al Ustadz Ali Zainal Abidin bin Hasan Baharun.
Pada tahun 2006 dibuka Pondok Pesantren II Darullughah Wadda’wah yang berlokasi di Desa Pandean Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan yang sekarang ditempati 334 santri putra untuk tingkat i’dadiyah dan kelas I dan II ibtida’iyah.
Metode Pengkaderan dan Pendidikan Putra-putra Beliau
Dalam mendidik putra-putranya beliau sangat
disiplin dan memperlakukan putra-putranya seperti santri-santri pada
umumnya. Putra-putra beliau disuruh tinggal di asrma/kamar santri,
peraturan yang berlaku untuk santri juga diberlakukan untuk putra-putra
beliau, seperti piket menyapu, mengepel, membersihkan kamar mandi dan
lain sebagainya. Dan apabila ketahuan ada santri memberi hadiah – uang
atau membantu / menggantikan piketnya maka putra beliau dan santri yang
membantu tersebut akan diberikan sanksi. Apabila putra beliau melanggar
peraturan pondok akan menerima sanksi 2 kali lipat. Sehingga dengan
kedisiplinan, kesederhanaan serta kemandirian yang ditanamkan oleh
beliau alhamdulillah putra-putra beliau berhasil mengikuti jejak beliau
menjadi ahli ilmu dan terjun di dunia pendidikan dan dakwah. Bahkan
untuk mengikat dan memberikan motivasi, beliau mengatakan kepada
putra-putranya bahwa mereka tidak berhak menggunakan fasilitas pondok
apabila tidakturut serta membantu pondok.
Pemikiran dan Konsep konsep Pendidikan Ust. Hasan Baharun
Secara singkat akan kami uraikan beberapa pemikiran dan konsep-konsep pendidikan yang dapat kami tangkap dari ungkapan dan ide-ide serta realitas yang beliau jalankan dalam mengelola lembaga pendidikan dan pondok pesantren antara lain.
– Apabila seorang kyai sudah mendirikan pondok maka
dia harus rela meninggalkan semua aktifitas dan hobinya yang ada
diluar pondok yang dapat mengganggu konsentrasinya dalam membina
santrinya. Beliau mengibaratkan seorang pengasuh pondok pesantren
sebagai induk ayam yang sedang mengerami telur, maka apabila sering
meninggalkan sarangnya kemungkinan besar telur tesebut tidak jadi
menetas, dan telur tersebut akan busuk.
– Untuk mendirikan pondok pesantren harus dijiwai
dengan ikhlas dan guru-guru yang akan mengajar harus diseleksi tingkat
keikhlasannya, sehingga tidak akan menularkan kepada santrinya ilmu yang
tidak ikhlas dan seterusnya. “Dan apabila diniati dengan hati yang
ikhlas maka pondok pesantren tidak usah khawatir akan datangnya murid
sebab Allah akan memproklamasikan/ mengumumkan kepada para malaikat
untuk menanamkan kemantapan pada kaum muslimin.” Begitu jawaban Ust
Hasan ketika ditanya sistem promosi apa yang dipakai pondok sehingga
sangat cepat perkembangan santrinya dan berasal dari berbagai propinsi
bahkan dari beberapa negara tetangga.
– Sasaran yang diutamakan dan mendapat perhatian khusus dari beliau adalah :
- –Putra para kyai dan para habaib khususnya yang memmpunyai pondok pesantren dan majlis ta’lim, hal ini dilakukan karena mereka sudah jelas ditunggu oleh ummat dan sebagai proses pengkaderan agar mereka bisa menjadi penerus orang tua mereka memimpin pondok pesantren. –
- Putra-putra daerah yang disana jarang ada ulama/kyai/ustadz, sehingga diharapkan nanti bisa pulang kembali untuk berdakwah menyebarkan Islam dan merintis lembaga pendidikan/majlis ta’lim.
- Putra aghniya, yang dengan masuknya putra mereka di pondok dengan beberapa pertimbangan diantaranya diharapkan perhatiannya terhadap Islam/pondok pesantren lebih besar dan sebagai wasilah masuknya dakwah kepada orang tua mereka, menyelamatkan harta mereka serta sebagai bentuk subsidi silang terhadap santri yang tidak mampu.
- Putra-putri dari orang-orang yang pernah berjasa dalam perintisan pondok .
Hubungan Ust. Hasan Baharun dengan Ulama
Abuya Ust Hasan Baharun dikenal sangat supel dan
luwes dalam menjalin hubungan dengan semua kalangan. Beliau mampu
menjalin hubungan dan memelihara hubungan tersebut dengan baik hal ini
terlihat bahwa beliau mampu melibatkan berbagai elemen masyarakat dalam
perjuangan dan dakwah Islam serta mengajak mereka berpartisipasi dalam
perintisan dan pembangunan pondok pesantren, baik itu tokoh masyarakat
dari kalangan NU maupun tokoh-tokoh Muhammadiyah. Dan di Pasuruan beliau
secara aklamasi di tunjuk sebagai ketua MUI walaupun beliau memberikan
syarat kalau pertemuan MUI harus di Pondok Darullughah Wdda’wah, hal ini
menunjukkan betapa kuatnya pengaruh Ust. dikalangan para Ulama
Pasuruan. Hal ini sangat wajar karena beliau juga selain hubungan
pribadi juga beliau meluangkan waktunya untuk membantu mengajar bahasa
Arab di berbagai pondok besar mulai dari Banyuwangi sampai ke Jawa
Tengah. Adapun hubungan beliau dengan ulama-ulama luar negeri,
terutama dengan ulama besar Timur Tengah sekilas dapat kami unkapkan
sebagai berikut:
• Hubungan dengan Abuya Sy. Muhammad bin Alwi Al Maliki Al Hasani
Hubungan Abuya Ust. Hasan Baharun dengan Abuya Sayyid
Muhammad Al-Maliki bermula sejak beliau ditunjuk untuk menjadi
penerjemah ceramah dalam kunjungan dan silaturrahmi Abuya Sayyid
Muhammad Al-Maliki ke beberapa pondok pesantren di Jawa Timur. Abuya
Sayyid Muhammad sangat tertarik dengan kemampuan Bahasa Arab dan
Kepribadian Ust. Hasan Baharun sehingga setiap kunjungan ke Jawa Timur
beliau menjadi langganan sebagai penerjemahnya. Bahkan Abuya Ust. Hasan
dipercaya untuk mengajar Bahasa Arab istri Abuya Sayyid Muhammad sebelum
diajak ke Makkah Al-Mukarromah. Dengan pandangan hati Abuya memerintah
Ust. Hasan untuk membuka pondok pesantren serta setelah perkembangan
pondok cukup pesat beliau pula yang menyuruh agar pondok yang asalnya
mengontrak rumah di Bangil agar pindah ke lokasi di Desa Raci Kecamatan
Bangil (lokasi pondok sekarang) dan memberi dana pertama untuk membangun
pondok Raci. Selanjutnya Abuya Ust Hasan sering ke Mekkah berziarah ke
kediaman beliau dan sekaligus untuk mencari dana. Sambutan yang luar
biasa diberikan oleh Sayyid Muhammad dan beliau sendiri yang menulis
surat kepada para aghniya/memberikan memo agar membantu pembangunan
pondok Dalwa.
Menurut penuturan Abuya Ust. Hasan Baharun bahwa apabila beliau ke Makkah beliau memperlakukan dirinya sebagai santri Abuya Sayyid Muhammad dan mengakui bahwa Sayyid Muhammad adalah guru beliau di samping Al-Habib Abdul Qodir Bin Ahmad Assegaff. Walaupun demikian Abuya Sayyid Muhammad memberikan penghormatan kepada Ust. Hasan sebagai ulama bahkan beliau diberi ruang khusus serta dilengkapi dengan telepon untuk memudahkan urusan.
Dan untuk mempererat hubungan yang telah terjalin Abuya Ust Hasan mengirim putranya Al-Habib Zain Bin Hasan Baharun dan beberapa santri Dalwa untuk belajar pada Abuya Sayyid Muhammad serta beberapa Alumni Sayyid Muhammad yang di Jawa Timur oleh Ust Hasan diminta untuk mengajar di Ma’had Dalwa seperti Ust. Ihya Ulumuddin, Ust Ahmad Bin Husin Assegaff, Ust. Abdul Hadi Surabaya, Ust. Sholeh Al-Idrus, Ust Muhammad Al-Haddad, Ust. Abdullah Mulahelah (Malang), Ust. Hilmi, Ust. Amir Syarifudin, Ust. Abdullah Umar, dan lain sebagainya. Demikian pula Abuya Sayyid Muhammad mempunyai perhatian yang besar terhadap ma’had Dalwa selain para santrinya yang berasal dari kawasan Jawa Timur (Probolinggo, Pasuruan, Malang Sidoarjo, Surabaya dan Gresik) dianjurkan untuk mengajar di Ma’had Dalwa, beliau juga senantiasa memberikan bantuan dan mengawasi perkembangannya.
Menurut penuturan Abuya Ust. Hasan Baharun bahwa apabila beliau ke Makkah beliau memperlakukan dirinya sebagai santri Abuya Sayyid Muhammad dan mengakui bahwa Sayyid Muhammad adalah guru beliau di samping Al-Habib Abdul Qodir Bin Ahmad Assegaff. Walaupun demikian Abuya Sayyid Muhammad memberikan penghormatan kepada Ust. Hasan sebagai ulama bahkan beliau diberi ruang khusus serta dilengkapi dengan telepon untuk memudahkan urusan.
Dan untuk mempererat hubungan yang telah terjalin Abuya Ust Hasan mengirim putranya Al-Habib Zain Bin Hasan Baharun dan beberapa santri Dalwa untuk belajar pada Abuya Sayyid Muhammad serta beberapa Alumni Sayyid Muhammad yang di Jawa Timur oleh Ust Hasan diminta untuk mengajar di Ma’had Dalwa seperti Ust. Ihya Ulumuddin, Ust Ahmad Bin Husin Assegaff, Ust. Abdul Hadi Surabaya, Ust. Sholeh Al-Idrus, Ust Muhammad Al-Haddad, Ust. Abdullah Mulahelah (Malang), Ust. Hilmi, Ust. Amir Syarifudin, Ust. Abdullah Umar, dan lain sebagainya. Demikian pula Abuya Sayyid Muhammad mempunyai perhatian yang besar terhadap ma’had Dalwa selain para santrinya yang berasal dari kawasan Jawa Timur (Probolinggo, Pasuruan, Malang Sidoarjo, Surabaya dan Gresik) dianjurkan untuk mengajar di Ma’had Dalwa, beliau juga senantiasa memberikan bantuan dan mengawasi perkembangannya.
• Hubungan dengan Ulama Hadromaut
Hubungan Ustadz Hasan Baharun dengan ulama Hadromaut
bermula ketika beliau berziarah ke Hadromaut dan bertemu dengan para
ulama disana. Melihat tradisi salaf dan keilmuan yang ada di Hadramaut
maka beliau tertarik untuk mengirimkan santri-santrinya ke beberapa
ribath (pondok) yang dipimpin para masyayikh di sana. Sehingga hubungan
antara Ust. Hasan dengan para ulama Hadramaut Yaman semakin baik sampai
kewafatan beliau bahkan diteruskan oleh penerusnya (Ust. Zain Hasan
Baharun) sampai sekarang.
Hubungan dengan Para Pejabat / Pemerintah
Hubungan Ust. Hasan dengan para pejabat dilatar
belakangi karena urusan lembaga pendidikan, sebab sebuah lembaga tidak
akan bisa berdiri sendiri tanpa keterlibatan instansi dan pihak lain
terutama dengan instansi pemerintah. Oleh karena itu beliau menjalin
kerjasama dengan pemerintah dalam kerangka kepentingan pondok dan
kepentingan dakwah serta perjuangan bukan termotivasi atas kepentingan
pribadi.
Beliau mampu menempatkan diri sebagai ulama yang harus dalam posisi terhormat, berwibawa, perlu dimintai fatwa dan ditaati sarannya sehingga beliau tetap mulia walaupun ada tudingan miring yang diarahkan kepada beliau namun beliau dapat menunjukkan kedekatan dengan para pejabat semata-mata dalam rangka dakwah, hal ini terbukti bahwa posisinya sebagai ketua MUI sangat diperhitungkan. Setiap Acara di Kabupaten Pasuruan layaknya kegiatan di pesantren, dan ada pemisahan antara putra-dan putri, serta acara di pendopo tidak akan dimulai kecuali beliau sudah datang ketempat acara. Bahkan ada yang bilang bahwa “Bupati Pasuruan adalah Bupatinya Ust. Hasan”.
Sebuah contoh keberhasilan dakwah beliau di kalangan pejabat adalah mereka senantiasa berkonsultasi dan minta pendapat beliau apabila ada permasalahan di masyarakat. Dan juga beliau mampu menciptakan kegiatan-kegiatan keagamaan di beberapa instansi strategis misalnya dengan secara rutin mengadakan acara pengajian di Kantor Kodim, Sholat taubat/tasbih secara rutin dengan pihak Kapolres yang melibatkan seluruh anggota Kapolsek se-Kabupaten Pasuruan.
Beliau dapat pula mengontrol setiap kebijakan publik yang ditetapkan pemerintah walaupun sulitnya bersikap, karena saat itu dominasi dan kuatnya pengaruh pemerintahan orde baru, namun Al-hamdulillah beliau mampu berkiprah semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat dan kaum muslimin.
Beliau mampu menempatkan diri sebagai ulama yang harus dalam posisi terhormat, berwibawa, perlu dimintai fatwa dan ditaati sarannya sehingga beliau tetap mulia walaupun ada tudingan miring yang diarahkan kepada beliau namun beliau dapat menunjukkan kedekatan dengan para pejabat semata-mata dalam rangka dakwah, hal ini terbukti bahwa posisinya sebagai ketua MUI sangat diperhitungkan. Setiap Acara di Kabupaten Pasuruan layaknya kegiatan di pesantren, dan ada pemisahan antara putra-dan putri, serta acara di pendopo tidak akan dimulai kecuali beliau sudah datang ketempat acara. Bahkan ada yang bilang bahwa “Bupati Pasuruan adalah Bupatinya Ust. Hasan”.
Sebuah contoh keberhasilan dakwah beliau di kalangan pejabat adalah mereka senantiasa berkonsultasi dan minta pendapat beliau apabila ada permasalahan di masyarakat. Dan juga beliau mampu menciptakan kegiatan-kegiatan keagamaan di beberapa instansi strategis misalnya dengan secara rutin mengadakan acara pengajian di Kantor Kodim, Sholat taubat/tasbih secara rutin dengan pihak Kapolres yang melibatkan seluruh anggota Kapolsek se-Kabupaten Pasuruan.
Beliau dapat pula mengontrol setiap kebijakan publik yang ditetapkan pemerintah walaupun sulitnya bersikap, karena saat itu dominasi dan kuatnya pengaruh pemerintahan orde baru, namun Al-hamdulillah beliau mampu berkiprah semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat dan kaum muslimin.
Hubungan dengan Masyarakat Umum
Disela-sela kesibukan yang sangat padat Ust.. Hasan
Baharun sangat perhatian dengan masyarakat umum, terutama tokoh-tokoh
masyarakat, apabila ada waktu beliau senantiasa menyempatkan diri
bersilaturrahmi walaupun hanya sebentar dan beliau siap menerima segala
keluhan masyarakat selama dua puluh empat jam bahkan seluruh lapisan
masyarakat sangat mudah menemui beliau di kantor pondok karena sepanjang
hari mulai pukul 02.00 malam sampai pukul 10 malam berada dikantor
untuk melayani kepentingan santri, wali murid dan masyarakat umum. Hal
ini terbukti setiap hari dan setiap saat banyak masyarakat yang datang
bersilaturrrahmi mulai yang datang untuk bertanya masalah hukum agama,
minta barokah do’a, minta bantuan biaya sekolah, bantuan pembangunan
masjid dan lembaga pendidikan dan sosial, minta biaya pengobatan bahkan
ada beberapa yang secara rutin disuruh datang untuk mengambil jatah
kebutuhan yang ditanggung oleh beliau.
Ust. Hasan Baharun mempunyai perhatian yang sangat
besar terhadap pengembangan dan pengembangan Bahasa Arab. Selain Beliau
banyak mengarang kita-kitab yang berhubungan dengan Bahasa Arab seperti
Kamus Bahasa Dunia Al ‘Ashriyyah, Muhawarah Jilid I dan II, Qawa’idul
I’rab, Kalimatul Asma’ Al Yaumiyyah dan Kalimatul Af’al Al Yaumiyyah, 40
Kaidah-kaidah Nahwu (Pengantar Ilmu Nahwu) serta beliau mewajibkan
seluruh santri dan para guru untuk senantiasa menggunakan Bahasa Arab.
Disamping mengembangkan Bahasa Arab di pondok pesantren beliau sendiri, juga mengajar secara rutin di beberapa pondok pesantren, seperti di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asembagus Sukorejo Situbondo, Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, Pondok Pesantren Langitan Tuban, dan di beberapa pondok pesantren lainnya mulai dari Banyuwangi sampai ke Jawa Tengah.
Adapun bentuk perhatian beliau terhadap Bahasa Arab :antara Lain
Disamping mengembangkan Bahasa Arab di pondok pesantren beliau sendiri, juga mengajar secara rutin di beberapa pondok pesantren, seperti di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Asembagus Sukorejo Situbondo, Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, Pondok Pesantren Langitan Tuban, dan di beberapa pondok pesantren lainnya mulai dari Banyuwangi sampai ke Jawa Tengah.
Adapun bentuk perhatian beliau terhadap Bahasa Arab :antara Lain
- Beliau sering mengisi seminar-seminar di berbagai perguruan tinggi dan pondok pesantren serta berbagai lembaga pendidikan untuk menjelaskan pentingnya Bahasa Arab.
- Mengirim beberapa guru dan santri untuk mengajar khusus Bahasa Arab di beberapa lembaga pendidikan Islam dan pondok pesantren.
- Menerima dan mengadakan kursus Bahasa Arab secara gratis di Pondok Pesantren Darullughah yang terbuka untuk umum serta beliau menangani sendiri setiap ada rombongan kursus dari pondok-pondok dan perguruan tinggi.
- Senantiasa memberikan motivasi kepada para ulama/kyai untuk membiasakan berbahasa Arab. Dan menyarankan agar mewajibkan santrinya berbahasa Arab.
- Senantiasa menyuruh guru-guru untuk mengarang hal-hal yang berhubungan dengan bahasa Arab.
- Mengawasi guru-guru agar menerangkan pelajaran dengan bahasa Arab dan menegurnya apabila diketahui menjelaskan pelajaran di kelas dengan menggunakan bahasa selainnya.
Cita – Cita Besar Ust. Hasan Baharun
Beberapa bulan sebelum beliau wafat sering
mengungkapkan cita-cita besar beliau yaitu ingin membuat organisasi
yang dapat menyatukan Ummat Islam. Karena beliau berpendapat bahwa
dengan persatuan Ummat Islam banyak hal yang bisa dilakukan. Bahkan
ketika ada perrtemuan Ulama di Jakarta dan beliau berhalangan hadir
beliau menitip surat kepada Ust Qosim Baharun yang mewakilinya untuk
membacakan surat tersebut sebagai usulan dari beliau yaitu agar para
ulama menggagas Organisasi Persatuan Habaib, Ulama, Kiyai, Santri dan
para simpatisan dalam ikatan satu wadah non politik yang tujuannya
murni untuk kepentingan Ummat Islam. Bahkan beliau berjanji sanggup
meninggalkan pondok dan menyerahkan urusan pondok kepada putranya
Al-Habib Zain Baharun sedangkan beliau sendiri ingin bersilaturrrahmi ke
para Ulama di seluruh nusantara untuk mensosialisasikan ide besar dan
mulia tersebut.
Beberapa sifat yang menonjol Ust. Hasan yang sudah
sangat makruf di kalangan santri, dan guru-guru, kalangan habaib dan
masyarakat yang sering berkomunikasi dengan beliau sebagai seorang
figur ulama sebagai pewaris nabi betul-betul beliau mewarisi
sifat-sifat sikap dan perjuangan Datuknya Al-Musthofa Nabi Muhammad
SAW. Dan Agar kita lebih jelas akan dipaparkan sifat-sifat tersebut
serta contoh-contoh sebagian peristiwa serta kehidupan beliau sehingga
kita dapat meniru sifat dan sikap keteladanan beliau yang juga
senantiasa ditanamkan bagi santri-santrinya adalah sebagai berikut ;
• Sabar
Adapun salah satu sifat yang menonjol pada diri
beliau adalah sifat sabar. Kesabaran Ust Hasan sangat dikenal oleh
semua kalangan baik santri, dewan guru, pejabat dan orang-orang yang
mengenal beliau, Sifat kesabarannya sangat luar biasa sebagaimana
kesaksian dan cerita yang dilukiskan oleh Ayahandanya sendiri Al-Habib
Ahmad bin Husein Baharun: “Hasan itu sangat sabar, kalau saya marahi
walaupun dia tidak salah tidak pernah menjawab dan apabila difitnah dan
diganggu orang tidak pernah membalas dan hanya kepada saya dia
menceritakan agar didoakan sehingga diberikan kekuatan dan kesabaran
dalam menghadapi cobaan dan fitnahan tersebut.“ Begitu menurut penuturan
Hb. Ahmad Baharun pada waktu Ust. Hasan menghadap ilahi. Kesabaran
beliau sulit dilukiskan baik dalam membina dan membimbing santri serta
menghadapi kenakalan santri dan orang-orang yang mengganggu pondok.
Ust. Hasan dalam menghadapi orang-orang yang memfitnah dan mengganggu pondok justru mereka diberi hadiah dan berulang kali bahkan membantu urusan mereka seakan-akan beliau tidak tahu bahwa orang tersebut mengganggunya.
Suatu kisah pada waktu zaman reformasi ada orang datang memberi tahu kepada beliau bahwa dia akan membawa orang sebanyak 2-3 truk untuk menghancurkan dan membumi hanguskan rumah orang yang mengganggu pondok namun beliau malah mencegahnya karena hal itu tidak pernah dilakukan oleh Rosulullah SAW.
Adapun cerita-cerita tentang kesabaran Ust Hasan banyak sekali sehingga tidak mungkin untuk diungkapkan disini.
Ust. Hasan dalam menghadapi orang-orang yang memfitnah dan mengganggu pondok justru mereka diberi hadiah dan berulang kali bahkan membantu urusan mereka seakan-akan beliau tidak tahu bahwa orang tersebut mengganggunya.
Suatu kisah pada waktu zaman reformasi ada orang datang memberi tahu kepada beliau bahwa dia akan membawa orang sebanyak 2-3 truk untuk menghancurkan dan membumi hanguskan rumah orang yang mengganggu pondok namun beliau malah mencegahnya karena hal itu tidak pernah dilakukan oleh Rosulullah SAW.
Adapun cerita-cerita tentang kesabaran Ust Hasan banyak sekali sehingga tidak mungkin untuk diungkapkan disini.
• Istiqomah
Sifat Istiqomah Ust Hasan Baharun sudah tidak
diragukan salah satu tanda dari sifat tersebut tercermin pada aktifitas
beliau sehari-hari karena beliau bangun setiap pukul 02.00 malam
kemudian Qiyamullail dan membangunkan santri dan Asatidzah pada pukul
tiga malam bahkan untuk menjaga keistiqomahan tersebut mewajibkan santri
yang menjaga malam di pintu gerbang untuk membangunkan tepat pukul dua
malam dan di pos jaga tesebut tertulis diantara tugas/kewajiban penjaga
malam wajib membangunkan Ust. Hasan tepat pada pukul 02. 00 ( tidak
boleh lebih atau kurang ).
Suatu ketika beliau datang dari Makkah / Timur Tengah namun masih mampir di Jakarta karena masih ada urusan yang harus diselesaikan dan bermalam di salah satu rumah wali santri di Bekasi (di rumah Haji Yusuf) dan tampak tanda-tanda bahwa beliau dalam keadaan sangat lelah, maka untuk menjaga agar beliau tidak terlambat bangun beliau berpesan kepada H. Yusuf untuk membangunkannya pada pukul 02.00 dan juga menelpon ke santri yang menjaga maktab agar mengingatkan Haji Yusuf supaya membangunkan tepat pukul 02.00 malam dan tidak cukup itu saja beliau masih memberi tahu ke pos jaga agar juga mengingatkan H. Yusuf sebelum jam 02.00 untuk membangunkan Ust. Hasan. Begitulah salah satu contoh kesungguhan beliau dalam menjaga keistiqomahan tersebut.
Suatu ketika beliau datang dari Makkah / Timur Tengah namun masih mampir di Jakarta karena masih ada urusan yang harus diselesaikan dan bermalam di salah satu rumah wali santri di Bekasi (di rumah Haji Yusuf) dan tampak tanda-tanda bahwa beliau dalam keadaan sangat lelah, maka untuk menjaga agar beliau tidak terlambat bangun beliau berpesan kepada H. Yusuf untuk membangunkannya pada pukul 02.00 dan juga menelpon ke santri yang menjaga maktab agar mengingatkan Haji Yusuf supaya membangunkan tepat pukul 02.00 malam dan tidak cukup itu saja beliau masih memberi tahu ke pos jaga agar juga mengingatkan H. Yusuf sebelum jam 02.00 untuk membangunkan Ust. Hasan. Begitulah salah satu contoh kesungguhan beliau dalam menjaga keistiqomahan tersebut.
• Tawakkal
Abuya Ust. Hasan mempunyai jiwa tawakkal yang luar
biasa sebagai suatu gambaran dari sifat ketawakkalan beliau adalah bahwa
ketika beliau mempunyai rencana untuk membangun gedung asrama santri
berlantai tiga pada waktu awal-awal terjadinya krisis moneter dengan
dana awal sekitar lima juta rupiah dan ketika sahabat beliau datang ke
maktab mengungkapkan rencana tersebut barangkali bisa membantu, namun
orang tersebut justru bertanya dengan nada terheran-heran: “Ya Ustadz,
bagaimana dengan dana yang sedikit itu antum akan membangun bangunan
sebesar itu? Apalagi sekarang Indonesia dalam krisis moneter!” Kemudian
apa kata beliau, “Ya Ustadz, yang krisis itu kan Indonesia, negara lain
khan tidak! Apalagi Allah, apakah Allah kenal krisis moneter?” Sebuah
umpan balik dan argumen yang luar biasa, kemudian beliau melanjutkan
kata-katanya, “Kalau kita punya rencana maka kita jangan sekali-kali
mengukur dengan kemampuan kita, apabila kitamengukur dengan kemampuan
kita maka hasilnyapun Allah akan memberikan sesuai dengan kemampuan
kita, tetapi apabila kita mengukur dengan kemampuan Allah maka
kemampunnya tiada terbatas dan yakinlah bahwa selama kita berniat
memperjuangkan Agama Allah bahwa Allah itu akan menolong kita,” Inilah
diplomasi yang menggambarkan betapa tingginya tingkat ketawakkalan
beliau.
Bahkan apabila mau membangun beliau justru menghabiskan segala uang yang tersisa dan membagikan kepada fakir miskin sebagi pancingan datangnya rahmat dan pemberian Allah dan beliau mengibaratkan orang mancing maka apabila pancing dan umpannya besar maka akan memperoleh ikan yang besar pula. Hal ini sering diungkapkan pula ketika ada panitia pembangunan masjid dan Lembaga Pendidikan Islam bahwa apabila berniat ingin membangun maka disarankan tidak perlu khawatir pembangunan tersebut tidak selesai dan menyuruhnya membongkar/ memulai pembangunan tersebut tanpa menunggu terkumpulnya dana untuk pembangunan karena menurut beliau bahwa pembangunan masjid dan LPI tersebut merupakan proyek Allah SWT. dan Insya-Allah pasti selesai tinggal menata niat panitia serta berusaha semaksimal mungkin sebagai sunnatullah dan harus disertai dengan banyak berdo’a.” Begitulah saran-saran beliau kepada para takmir dan panitia yang datang minta saran dan sumbangan kepada beliau.
Bahkan apabila mau membangun beliau justru menghabiskan segala uang yang tersisa dan membagikan kepada fakir miskin sebagi pancingan datangnya rahmat dan pemberian Allah dan beliau mengibaratkan orang mancing maka apabila pancing dan umpannya besar maka akan memperoleh ikan yang besar pula. Hal ini sering diungkapkan pula ketika ada panitia pembangunan masjid dan Lembaga Pendidikan Islam bahwa apabila berniat ingin membangun maka disarankan tidak perlu khawatir pembangunan tersebut tidak selesai dan menyuruhnya membongkar/ memulai pembangunan tersebut tanpa menunggu terkumpulnya dana untuk pembangunan karena menurut beliau bahwa pembangunan masjid dan LPI tersebut merupakan proyek Allah SWT. dan Insya-Allah pasti selesai tinggal menata niat panitia serta berusaha semaksimal mungkin sebagai sunnatullah dan harus disertai dengan banyak berdo’a.” Begitulah saran-saran beliau kepada para takmir dan panitia yang datang minta saran dan sumbangan kepada beliau.
• Dermawan dan Sangat Perhatian terhadap Fakir Miskin dan Anak Yatim
Kedermawanan yang ada pada beliau tumbuh dan
berkembang sejak beliau karena hal tersebut sudah ditanamkam oleh aba
dan kakeknya sebagaimana kisah-kisah sebelumya sehingga beliau tumbuh
dan berkembang mempunyai jiwa sosial terutama memiliki kepedulian
kepada para ffakir-miskin dan anak yatim. Bentuk kepedulian terhadap
mereka diantaranya adalah bahwa kebiasaan belia membagikan hadiah
pakaian hari raya, beras dan kebutuhan sehari-hari, membagikan daging
kurban kepada para tetangga pondok, famili beliau yang tidak mampu,
serta kepada orang-orang yang datang minta bantuan, mulai pengobatan
sampai pada biaya sekolah anak-anak mereka kepada orang yang tak mampu.
• Ikhlas
Sebagaimana sering diungkapkan oleh beliau dalam
menasehati para santri dan para guru agar senantiasa menata niat dalam
setiap tindakan dan amal yang akan dilakukan. Hal ini merupakan cerminan
dari kepribadian beliau yang senantiasa menjadikan keikhlasan sebagai
pondasi dari setiap amaliah yang beliau laksanakan, termasuk pendirian
pondok. Sebagai sebuah bukti dari keikhlasan beliau ketika ada guru-guru
yang mengusulkan agar membuat papan nama pondok di tepi jalan beliau
tidak langsung mengabulkan permintaan tersebut. Namun karena beberapa
kali guru-guru tetap mengusulkan dengan alasan banyak wali santri yang
tidak tahu lokasi pondok dan sering kesasar dan bingung mencari alamat
pondok, baru tersebut dikabulkan tiga tahun sebelum beliau wafat.
Demikian pula beliau dalam rekrutmen/seleksi guru-guru, maka yang pertama kali dilihat adalah keikhlasannya. Para guru baru yang mau mengajar di pondok, diuji tingkat keikhlasannya, bahkan beliau tidak memperhatikan selama satu tahun. Karena beliau berpendapat bahwa apabila gurunya tidak ikhlas akan menularkan ilmu yang tidak ikhlas pula.
Demikian pula beliau dalam rekrutmen/seleksi guru-guru, maka yang pertama kali dilihat adalah keikhlasannya. Para guru baru yang mau mengajar di pondok, diuji tingkat keikhlasannya, bahkan beliau tidak memperhatikan selama satu tahun. Karena beliau berpendapat bahwa apabila gurunya tidak ikhlas akan menularkan ilmu yang tidak ikhlas pula.
• Tawadlu’
Walaupun beliau sebagai ulama besar yang dihormati
dan disegani, baik di dalam maupun di luar negeri, dan kebesaran beliau
diakui oleh Sayyid Muhammad sehingga pada saat beliau datang ke Mekkah
di majlis ta’lim Sayyid Muhammad diberikan kesempatan untuk memberikan
sambutan / taujihat pada jamaah haji dan para ulama sedunia yang
berkumpul di majlis tersebut, dan juga dalam acara haul Nabiyullah Nuh
AS di Yaman beliau senantiasa mengelak ketika diminta untuk memberikan
sambutan, tetapi pada kunjungan yang terakhir beliau mau memberikan
sambutan namun tetap dengan sikap tawadlu’ beliau mengatakan bahwa tidak
bermaksud memberikan nasehat kepada yang hadir yang kebanyakan terdiri
dari para ulama dan auliya’, tetapi nasehat tersebut ditujukan untuk
santri-santri beliau yang belajar di sana.
Beliau senantiasa menunjukkan sikap tawadlu’ dalam kehidupan sehari-hari dan sama sekali tidak menunjukkan bahwa beliau adalah orang besar. Siapapun tamu yang datang dilayani dengan ramah bahkan apabila menyajikan makanan beliau sering mengangkat sendiri sajian makanan dari dapur dan menyuguhkannya kepada para tamu.
Diantara doa yang menunjukkan sikap dan sifat tawadlu’nya tersebut dengan senantiasa memanjatkan do’a agar beliau dan putra-putra serta murid-muridnya dijadikan orang-orang yang memiliki kebesaran tetapi tersembunyi (minal masturiin).
Beliau senantiasa menunjukkan sikap tawadlu’ dalam kehidupan sehari-hari dan sama sekali tidak menunjukkan bahwa beliau adalah orang besar. Siapapun tamu yang datang dilayani dengan ramah bahkan apabila menyajikan makanan beliau sering mengangkat sendiri sajian makanan dari dapur dan menyuguhkannya kepada para tamu.
Diantara doa yang menunjukkan sikap dan sifat tawadlu’nya tersebut dengan senantiasa memanjatkan do’a agar beliau dan putra-putra serta murid-muridnya dijadikan orang-orang yang memiliki kebesaran tetapi tersembunyi (minal masturiin).
• Kesederhanaan Pribadi Ust. Hasan
Apabila orang bertemu dengan Ust. Hasan Baharun dan
orang tersebut sebelumnya belum mengenal beliau maka orang tersebut
tidak akan menyangka bahwa ust Hasan adalah Ulama besar yang sangat
dihormati dan disegani karena beliau memang mempunyai penampilan yang
sangat sederhana, pakaian yang dipakai sehari-hari di dalam pondok dan
ketika keluar pondok biasa-bisa saja yaitu memakai gamis dan kopyah
putih tanpa imamah dan rihda kecuali apabila beliau akan menyampaikan
ceramah atau menghadiri majlispertemuan yang harus menampilkan sebagai
sosok untuk menjaga kehormatan dan kebesaran serta kewibawaan Ulama.
Maka beliau akan berpakain lengkap dengan jubah kebesarannnya.
Selain kesederhanaan dalam berpakaian beliau juga memiliki kesederhanaan dalam pola kehidupan sehari-hari, banyak orang yang tertarik dan menaruh simpati kepada beliau ketika membandingkan fasilitas pondok yang serba lengkap dan baik dengan rumah beliau yang atapnya rusak dan sering bocor karena tidak sempat untuk diperbaiki serta perabot rumah tangga yang semuanya serba biasa-biasa saja, hal ini sudsah menjadi pilihan beliau yang lebih terkonsentrasi memikirkan bagaimana memenuhi fasilitas santri.
Selain kesederhanaan dalam berpakaian beliau juga memiliki kesederhanaan dalam pola kehidupan sehari-hari, banyak orang yang tertarik dan menaruh simpati kepada beliau ketika membandingkan fasilitas pondok yang serba lengkap dan baik dengan rumah beliau yang atapnya rusak dan sering bocor karena tidak sempat untuk diperbaiki serta perabot rumah tangga yang semuanya serba biasa-biasa saja, hal ini sudsah menjadi pilihan beliau yang lebih terkonsentrasi memikirkan bagaimana memenuhi fasilitas santri.
Kesaksian Dan Komentar-komentar Ulama, Tokoh Masyarakat dan Dewan Guru tentang Ust. Hasan Baharun
Kesaksian Para Ulama, Pejabat dan tokoh masyarakat tentang utadz Hasan baharun antara Lain adalah sebagai berikut :
1. Kesaksian Abuya Sayyid. Muhammad Bin Alawi Al-Maliki Makkah
Kesaksian Abuya Sayyid Muhammad ini sering terlontar
ketika beliau mengajar murid-muridnya, beliau mengatakan bahwa: “Apabila
kamu ingin mencontoh kesabaran, jiwa perjuangan dan tawakkal, maka
contohlah Ustadz Hasan Baharun.”
2. Kesaksian Habib Umar Bin Hafidz Hadhromaut Yaman
“Ustadz Hasan adalah orang pertama yang membuka
kembali hubungan antara Yaman dan Indonesia setelah terputus puluhan
tahun lamanya dan beliau yang mulai mengirimkan santrinya untuk belajar
di Yaman sehingga semua pahala orang yang belajar keYaman akan kembali
pahalanya kepada Al-Alim Al-Allamah Adda’i Ilallah Al-Ustadz Hasan
Baharun.” Demikian penuturan Habib Umar Bin hafidz di depan para santri
dan ulama dalam ziarohnya di Pondok Raci 2 tahun setelah wafatnya Ust.
Hasan
3. Kesaksian Ust. Al Habib Ahmad bin Husein Assegaf Bangil
“Ustadz Hasan Adalah Putra tebaik sejawa timur darii
keturunan Sadah Ba”alawi “ unkapan ini terlontar ketika beliau
memberikan sambutan pada acara pemakaman Ust. Hasan.
4. Kesaksian Ust. Sholeh Bin Sahl Jalan Jawa Pasuruan
“Seandainya kamu tahu bahwa ada orang besar di
Pasuruan niscaya kamu tidak akan mendatangi saya.” Dan setelah beberapa
hari kemangkatan Ustadz Hasan beliau mengungkapkan kembali kepada
tamu-tamunya bahwa yang memegang Pasuruan telah tiada.
5. Kesaksian Bupati Pasuruan (Bpk Dade Angga)
“Walaupun Saya baru kenal terhadap Ust. Hasan
seakan-akan sudah lama mengenalnya beliau itu ibarat, Saudara, teman,
Orang tua dan Guru saya yang senatiasa menegur dan senantiasa memberikan
nasihat yang sangat berharga.”
Sumber: Ma’had Darullughah wadda’wah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar