Smart & Religious
Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Senin, 29 Februari 2016

HAPPY DUNIA AKHIRAT


Ziarah Wisata

Jika berwisata pada umumnya hanya untuk menghibur diri. Berbeda dengan apa yang dilakukan di SMP Al-Fusha. Beribadah sambil berwisata dua hal yang akan kalian peroleh ketika bersekolah di SMP Al-Fusha. Ziarah Wisata, agenda tahunan yang dilaksanakan khusus untuk santri kelas VIII. Kegiatan ini dilaksanakan untuk membuka wawasan santri tentang sejarah penyebaran Islam di tanah Jawa, khususnya Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan mulai 21 Desember sampai 23 Desember 2015. Dibuka dengan pembekalan oleh Kepala Sekolah Bapak Bambang Alisanto, S.Pd.
pada pukul 14.00 WIB. Siswa yang mengikuti ziarah wisata berjumlah 240 siswa dengan 4 armada bus yang prima menambah kenyamanan perjalanan. Rombongan berangkat dari pondok tercinta pukul 15.00 WIB. Dalam waktu yang cukup panjang selama 3 hari, banyak tempat yang dikunjungi. Pada kesempatan ini, rombongan mengunjungi 7 tempat.
1. Makam Sunan Gunung Jati
Makam sunan Gunung Jati terletak di kota Cirebon. Sunan Gunung Jati bernama asli Syarif Hidayatullah. Makam yang menempati lahan 4 hektar ini merupakan objek wisata ziarah yang banyak dikunjungi oleh para Wisatawan/Peziarah baik dari Cirebon maupun kota-kota sekitarnya. Di makam ini kami melihat pasir Mulela yang berasal dari Mekkah. Setiap pengunjung yang keluar dari kompleks makam diwajibkan membersihkan kaki terlebih dahulu agar tidak ada pasir yang terbawa pengunjung. Menurut juru kunci makam, hal ini dilakukan untuk menghargai proses pengambilan pasir dari Mekkah yang membutuhkan perjuangan yang cukup berat.
2. Situ Lengkong Panjalu
Situ lengkong panjalu memiliki banyak pesona. Pertama kali masuk kita akan disuguhi pemandangan yang rindang. Selain itu, terdapat danau yang mempesona dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Kita bisa menikmati indahnya danau dengan menaiki perahu atau sekadar mencicipi makanan khas di sekitar danau Panjalu.
3. Makam Syekh Abdul Muhyi
Makam Syekh Abdul Muhyi terletak di tebing yang seolah dikelilingi sawah yang subur. Selain itu, pegunjung juga dapat mengunjungi Gua Sapawardi. Gua ini terbentuk secara alamiah dan memiliki 2 pintu. Gua ini memiliki sebuah lorong yang dinamai petapaan (tempat untuk bertapa).
4. Makam Mbah Priok
Keberadaan makam ini sangat erat kaitannya dengan nama pelabuhan yang ada di Jakarta utara “Tanjung Priok”. Warga sekitar mempercayai bahwa nama Tanjung Priok berasal dari alat penanak nasi atau priok dari Habib Hasan (Mbah Priok).
5. Makam Habib Husain
Makam Habib Husain terletak di daerah Tanah Abang. Habib Husain merupakan ulama besar yang berjuang untuk menyebarkan agama Islam. Tidak heran jika makam beliau banyak di kunjungi oleh peziarah untuk ikut mendoakan beliau.
6. Ancol
Boleh di bilang tempat ini adalah tempat yang paling ditunggu-tunggu oleh siswa untuk di kunjungi. Di tempat ini seluruh rombongan dapat bermain sepuasnya menikmati fasilitas permainan yang ada.
7. Masjid Istiqlal
Ziarah wisata rombongan Al-Fusha berakhir di Masjid Istiqlal (Masjid Terbesar di Asia Tenggara). Sebuah masjid dengan arsiterktur megah kebanggaan rakyat Indonesia. masjid ini di bangun pada tanggal 24 Agustus 1951. Depan masjid terdapat gereja yang menunjukkan toleransi antar umat beragama. Gambaran kondisi yang harmonis antar pemeluk agama di Indonesia.
Begitulah perjalanan mengasikkan dari Rombongan Ziarah Wisata SMP Al-Fusha yang menyenangkan. Semoga bermanfaat dan benar-benar menambah wawasan santri. Selain itu semoga dengan ziarah wisata ini, santri dapat memupuk rasa syukur akan karunia Allah atas segala yang diberikan untuk kita sebagai Rakyat Indonesia.


Oleh : Mughni Rizqi Aji   X TSM

Tidak ada komentar: