Smart & Religious
Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Senin, 16 Maret 2015

Rahasia di Balik Sholat Dhuha

Rahasia di Balik Sholat Dhuha
                 
Sholat Dhuha merupakan sholat yang di lakukan ketika matahari mulai terbit, semata-mata ingin lebih di mudahkan dalam melakukan apapun karnanya. Pada pembukaannya, Allah SWT berfirman :”Demi Waktu Dhuha”. Imam Ar-Razi menerangkan bahwa Allah SWT setiap bersumpah dengan sesuatu, itu menunjukan hal yang agung dn besar manfaatnya. Bila Allah bersumpah dengan waktu dhuha, berarti waktu dhuha adalah waktu yang sangat penting.
 Diantara do’a Rasulullah SAW  :
                                                         الّلهُمَّ بَارِكْ أُمَّتِي فِي بُكُوْرِهَا
Artinya : “Ya Allah berikanlah keberkahan kepada umatku di waktu pagi”.
Ini menunjukan bahwa orang – orang yang aktif dan bangun di waktu pagi (waktu shubuh atau dhuha) untuk beribadah kepada Allah dan mencari nafkah yang halal, ia akan mendapatkan keberkahan. Sebaliknya, mereka yang terlena dalam mimpi – mimpi dan tidak sempat sholat shubuh pada waktunya, ia tidak akan kebagian keberkahan itu.
                 Allah telah memfirmankan dalam surat Ad-Dhuha : “ketika matahari naik sepenggalan dan apabila malam telah sunyi, Allah sangat dekat dengan hamba-Nya. Allah tidak akan meninggalkannya jika sang hamba sudi mendekatkan diri kepada-Nya”. Ada fadhilah apa di waktu matahari naik sepenggalan ? itulah waktu Nur Ilahi memancarkan fadhilahnya bagi para hamba yang mau membuka hati (qolbu) untuk menerima karunia-Nya. Itulah sekelumit keajaiban sholat di kala pagi (sholat dhuha),yang sangat erat kaitannya dengan kelapangan hidup(lantaran Nur Ilahi yang menerangi hati) serta keluasan dan keberkahan rizki (lantaran aura Nur Ilahi yang mengiringi aktivitas ekonomi). Sungguh tidak salah bila sholat dhuha lekat dengan ibadah / ritual pembuka untuk mejemput rizki. Melalui peneguhan hati akan keagungan Allah, kita bermunajat agar dimudahkan, di sucikan, di luaskan dan di berkahi rizkinya, sebagaimana yang di suratkan dalam do’a sesudah sholat dhuha.
                   Ibadah sholat dhuha meskipun berstatus sunnah, tetapi memiliki waktu khusus. Apabila dilakukan secara langgeng dan ikhlas Insya Allah akan memberikan kemudahan dalam berusaha dan mendatangkan rizki, baik secara langsung maupun tidak langsung (tidak di sangka- sangka). Sholat dhuha merupakan salah satu di antara sholat –sholat sunnah yang sangat di anjurkan oleh Rasulullah SAW. Ada  banyak sekali penjelasan hadits yang telah menyebutkan berbagai keutamaan dan keistimewaan sholat dhuha bagi siapa saja yang melaksanakannya. Berikut ini adalah beberapa hadits Rasulullah Muhammad SAW yang menceritakan tentang keutamaan sholat dhuha, di antaranya :
1.       Sedekah bagi seluruh persendian tubuh manusia
               Dari abu Dzar al-Ghifari ra, ia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda :
 “Di setiap diri seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap ucapan tasbih (subhanallah) adalah sedekah, setiap ucapan tahmid (alhamdulillah) adalah sedekah, setiap ucapan tahlil (laa ilaaha illallah) adalah sedekah,setiap takbir adalah sedekah, setiap menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah. Dan dua roka’at Dhuha di beri pahala” (H.R. Muslim).
2.       Ghanimah (keuntungan) yang besar.                                                                                                                           
3.       Sebuah rumah di surga
              Bagi yang rajin mengerjakan sholat dhuha, maka ia akan di bangunkan sebuah rumah di dalam surga. Hal ini di jelaskan dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW :


“Barangsiapa yang sholat dhuha sebanyak 4 rokka’at dan 4 roka’at sebelumnya, maka ia akan di bangunkan sebuah rumah di surga”(Shahih al-jami’: 634).
4.       Memperoleh ganjaran di sore hari.
              Dari Abu Darda’ ra, ia berkata :

إِنّ الله عَزَّوَجَلَّ يَقُوْلُ : يَاابن آدم أَكْفِنِي أَوَّلَ النَّهَاربِأَرْبَعِ رَكَعَةً أُكْفِيْكَ بِهِنَّ آخِرَيَوْمِكَ
Artinya:
“Sesungguhnya Allah ‘Azza wa jalla berkata : “wahai anak adam, cukuplah bagi-Ku 4 raka’at di awal hari, maka aku akan mencukupimu di sore harimu”(Shahih al-Jami : 4339).
5.       Pahala Umroh.
              Dari Abu Umamah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan sholat wajib, maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan ibadah haji. Barangsiapa yang keluar untuk melaksanakan sholat dhuha, maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan umroh”(Shahih al-Targhib : 673).
6.       Ampunan Dosa.
            “Siapapun yang melaksanakan sholat dhuha dengan langgeng, akan di ampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebayak buih di lautan”(H.R. Tirmidzi).

              Demikianlah sedikit dari beberapa fadhilah – fadhilah melakukan sholat dhuha, masih banyak lagi keuntungan yang akan kita dapatkan, jika kita bersedia melanggengkan (istiqomah)melakukan sholat dhuha, semoga setelah membaca tulisan ini, kita semua khususnya anak pesantren yang di didik untuk selalu mendekatkan diri kepada Alloh, dan masyarakat pada umumnya  menjadi semakin giat melaksanakan ibadah sholat sunnah yang satu ini, mengingat banyaknya faidah - faidah yang akan kita dapatkan karnanya.                    Wa allahu a’lam bisshowab.


Tidak ada komentar: