Smart & Religious
Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Minggu, 26 April 2015

TENTANG MASA KECIL HINGGA SEKARANG....



Asalammualaikum Wr.Wb.
Saya akan menceritakan kisah saya dari kecil hingga saat ini.
Ketika itu saya lahir pada hari senin pahing, tanggal 07 november 1983 Jam 07.25 WIB di rumah jln tunggak wareng no. 45 rt 01 rw 02 kebonsari kecamatan karangdadap kabupaten pekalongan kode pos 51173 dulu sekarang 51174

Nama saya suwando dan di panggil wan,wando,wondo,suwondo,wowon anak pertama dari lima  bersaudara, nama Adik-Adik saya harmoko ,subandono,sugito, dan emy nailis dan nama orang tua saya Tarmuji dan Zulaikha. Sekarang saya berumur 31 tahun, tinggal di jln tunggak wareng no. 45 rt 01 rw 02 kebonsari kecamatan karangdadap kabupaten pekalongan kode pos 51173 dulu sekarang 51174.
Mau tau kenapa saya di panggil wan,wando,wondo,suwondo,wowon? karena nama wan,wando,wondo,suwondo,wowon itu adalah nama cerita pewayangan yang sakti mondroguno Alhamdulillah nama saya membawa berkah .
Langsung saja baca kisah perjalanan hidup saya ya ? seru loh....
Ketika saya dilahirka oleh ibu saya...ada yang kebetulan satu dusun itu ada yang lahir bersamaan dengan saya...sehingga pada waktu itu kan dukun bayi itu cuma' ada satu...jadi sewek-sewek an...atau rayahan kepengen yang ngurusi persalinan ibu iku dukun tersebut....namanya markamah beliu umurnya sudah tua....beliu ahli dalam persalinan. bertepatan tanggal 1 bulan soffar saya keluar dari rahim ibu saya. kemudian tak lama lagi ....kurang lebih umur saya 1.5 tahun lahirlah adik saya yang pertama di beri nama Harmoko....saat itu Menteri penerangan nama Harmoko...supaya kelak tumbuh dewasa menjadi anak yang menerangi keluarga. Namun dalam usia kurang lebih satu setengah tahun adik saya yang bernama harmoko itu meninggal dunia. insya allah dapat menerangi keluarga di akhirat nanti amien ya robbal alamien. sekitar umur 5-6 tahun saya di ajarkan menaiki sepeda...pada waktu itu saya pemberani sehingga saya nabrak pohon hingga saya jatuh ...namun memang saya itu anaknya pemberani langsung saya naik lagi....malah ingin memboncengkan temen saya....kemudian pada umur 7 tahun saya mulai mengenyang pendidikan di SD 02 Kebonsari Kecamatan Kedungwuni dulunya sekarang menjadi Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan. pada waktu saya mengenyang pendidikan di SD saya mendapat peringkat sepuluh besar di kelas 1-3 dikelas 4-5 tidak mendapat sepuluh besar namun saya mendapat juara di kejuaran seni pencak silat mendapat juara 1 terus tingkat kecamatan bahkan juara 1 tingat karesidenan.
Ketika  tahun 1996 saya lulus SD kemudian melanjutkan ke jenjang MTs / SMP....saya melanjutkan di MTs Al Hikmah Proto. sebelum di MTs saya kelas 5-6 SD saya mulai mengenal dunia kerja saya bekerja sebagai pencetak batu bata hingga saya dibangku MTs kelas 3.pada waktu kelas dua sekitar tahun 1998 indonesia sempat dilanda krisis moneter .atau nilai uang begitu merosot banget. bahan pangan mahal lapangan pekerjaan langka. ditahun inilah ekonomi bapak saya juga mengalami kemerosotan  yang tadinya pedagang ingin terjun kedunia percetakan batu bata....namun allah berkehendak lain....mungkin belum rizkinya....aginya mencetak batu bata malamnya dikaruniani hujan....jadi batu bata yang telah dibuat hancur lebur. karena itulah kedua orang tua saya bersyukur....masih bisa menyekolahkan saya kejenjang berikutnya. namun pada waktu saya di MTs saya tidak mendapatkan peringkat...saya sempet menangis pada waktu belajar bahasa inggris n matematika...karena saya tidak bisa sedikitpun....alhamdulillah saya lulus MTs tahun 1999. melanjutkan lagi ke jenjang lebih tinggi yaitu di MAN 1 Pekalongan, disitulah saya mulai berprestasi dari kelas 1-3 alhamdulillah dapat peringkat terus dari kelas 1 dapat rangking 5 besar, kelas 2 dapat rangking 1, kelas 3 dapat 10 besar....alangkah senangnya daku duduk di kelas favorit yaitu IPA 1....kelas mayoritas anak pandai dan cerdas. saya setelah lulus dari MAN 1 Pekalongan Dapat beasiswa kuliyah di perhotelan, saya masuk walau itu dua hari....pas kebetulan ekonomi keluarga pas pasan jadi saya berfikir untuk tidak melanjutkan karena kasihan sama kedua orang tua...padahal saya kepengen buanget kuliyah apa boleh dikata....akhirnya saya melamar kerja di pabrik pembatikan....alhamdulillah diterima sebagai tukang peracik obat...karena dedikasi saya di pabrik itu baik....kemudian saya diangkat sebagai mandor sablon di CV. ARGO PENI Pekalongan. selang waktu kurang lebih 2.5 tahun saya terserang penyakit dalam, kemudian bapak saya bilang..." sudahlah jangan bekerja disitu...eman-eman awakmu...uang gampang dicari...lebih baik kamu keluar " gt kata bapak saya. saya menuruti kata orang tua, kemudian saya tidak bekerja kurang lebih 2 tahun. demi badan saya ......berjalanya waktu alhamdulillah saya sembuh truz saya bekerja sebagai sales makanan ringan, kurang lebih 2 tahun. padsa waktu itu ibu dikaruniani momongan....lahirlah bayi perempuan yang kurang lebih 15 tahun tidak mendapatkan keturunan. setelah adik saya yang perempuan umur 4 tahun bapak saya meninggal dunia. pada waktu itu saya belum bekerja, adik yang namanya sugito masih di bangku SMA, jadi saya harus kerja keras demi menghidupi keluarga. tapi saya bersyukur buanget sepeninggal bapak saya itu ditinggali untuk bekal menghidupi keluarga sebuah ruko penjualan sebako jadi alhamdulillah keluarga dapat tercukupi adanya ruko tersebut. bapak saya meninggal pas bulan romadhon malam 17 romadhon bertepatan dengan nuzulul qur'an, disamping fikiran sedih namun dicampur rasa senang. bertepatan tahun masehi yaitu tahun 2008....sepeninggal bapak saya, kemudia saya di tawari oleh temen saya ngajar di paket B dan C . saya setuju dengan di ajaknya bergabung untuk mengajar di sekolah paket. seiring berjalanya waktu saya sambil berdo'a semoga ada perkuliyahan yang bisa menerima saya sebagai mahasiswa dan biayanya terjangkau. alhamdulillah do'a saya terkabulkan, kemudian saya minta izin pada adik2 saya dan ibu untuk melanjutkan sekolah di perguruan tinggi.....ibu dan adik2 saya pun memberikan izin pada saya...terus saya langsung daftar di perguruan tinggi ...namanya STIKAP ( Sekolah Tinggi Agama Islam Ki Ageng Pekalongan ) namun sekarang di ganti dengan nama STAIKAP. atas izin Allah SWT...saya belajar di STIKAP dengan penuh semangat...apalagi dukungan dari pihak keluarga dan bapak kyai Taufiqurrohman....beliau mengatakan.." pokok e sampean mangkat truz insya allah lulus.." lhah dari perkataan itulah saya timbul semangat tuk belajar. saya KKN di desa sijeruk kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan. setelah KKN kurang lebih 1.5 bulan saya melanjutkan magang di Pondok Pesantren Terpadu Al Fusha Kedungwuni Kabupaten Pekalongan tepatnya di desa Rowocacing. kemudian magang saya selesai ...dari pihak akademik untuk magang waktunya satu bulan saja, terus pihak pondok meminta dua bulan....kemudian saya melaksanakan apa yang di perintahkan pihak pondok. setelah selasai magang saya mengajukan untuk bekerja di pondok. alhamdulillah saya diterima....Syukur alhamdulillah saya lulus tahun 2014 tepatnya bulan november tanggal 29 sekitar 132 wisudawan.sekarang saya dipondok al fusha

Walaikumsalam Wr.Wb.

Tidak ada komentar: