Smart & Religious
Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Rabu, 29 April 2015

PENDIDIKAN .....???

PENDIDIKAN bukan segalanya, tapi segalanya berawal dari PENDIDIKAN


“Pendidikan bisa mengubah arah sejarah bangsa. Pendidikan bisa melahirkan elit-elit yang sadar akan adanya sebuah bangsa dan negara yang merdeka. Elit-elit ini pun sadar bahwa pendidikan juga mampu mengangkat bangsa ini menuju kebahagiaan”
Inilah ungkapan dari Raden Mas Suwardi Suryangingrat atau biasa kita kenal dengan Ki Hajar Dewantara.
Sejajar dengan ungkapan itu, pendidikan hari ini adalah tambang emas yang masih sangat bisa untuk kita gali. Pendidikan menjadi solusi ketika bangsa ini sudah lembam dalam kebingungan. Teringat peristiwa selepas Jepang dihujani bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945, yang mereka lakukan setelah itu adalah mencari guru-guru dan mengirim mereka ke seluruh penjuru dunia untuk mencari ilmu. Kemudian mereka kembali lagi ke Jepang untuk membangun bangsanya, dan hasilnya bisa dilihat sekarang.
Pendidikan bukanlah segalanya, karena tanpa pendidikan pun kita masih bisa menjalani hidup. Namun apakah hidup akan menghormati manusia yang dia sendiri tidak menghormati dirinya sendiri sebagai manusia pemikir?
Pendidikan adalah hak kita sebagai warga negara yang termaktub dalam pasal 31 ayat 1 dan pendidikan juga menjadi kewajiban kita untuk mewujudkan cita-cita bangsa yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea ke-empat. Dari pendidikan, akan muncul reinkarnasi dari Ki Hajar Dewantara yang menempatkan jiwa merdeka sebagai sifat kodrati sang anak yang harus ditumbuhkembangakan melalui pendidikan dan pengajaran. Kemudian muncul tokoh besar layaknya Bung Karno yang mengatakan pendidikan merupakan arena untuk mengasah akal, mempertajam akal, dan mengembangkan intelektualitas.
Bangsa ini butuh pemuda berpemikiran kuat tentang hakikat pendidikan yang sebenarnya. Jika di jaman kemerdekaan para kaum mudalah yang mendesak terlaksananya proklamasi dan menjadikan bangsa ini merdeka, maka tidak salah jika pada jaman ini para pemudalah yang bisa mendesak bangsa ini untuk menjadi bangsa yang kuat merdeka secara keseluruhan.
Berani Berkontribusi untuk Pendidikan !!!

Tidak ada komentar: